Home » Computer » Cara menghilangkan tanda silang pada baterai laptop windows 7


Cara menghilangkan tanda silang pada baterai laptop toshiba

Cara menghilangkan tanda silang pada baterai laptop toshiba

Cara menghilangkan tanda silang pada baterai laptop windows 7, baik pada baterai laptop toshiba, Acer, HP maupun yang lainnya

Apabila kita mempunyai laptop yang sudah lama dipakai maka sering megalami kerusakan dan kadang di laptop kita menampilkan tanda silang (x) yang menunjukkan kerusakan pada laptop. Hal ini bisa saja disebabkan bahawa sistem windows kita tidak mengenal jelas kerja baterai kita.

Berikut ini Beberapa Tips cara menghilangkan tanda silang pada baterai laptop windows 7 tersebut dengan melakukan cara berikut ini :

  • Charge baterai anda sampai full (99% – 100%), setelah itu matikan laptop Anda. Sampai tahap ini jangan dulu cabut charger-nya.
  • Kemudian Restart laptop kita dan masuk ke Safe Mode dengan menekan F8 (tekan aja berulang-ulang) tapi jangan dicabut cas baterainya terlebih dahulu
  • Setelah masuk ke Safe Mode, cabut cas baterai dan biarkan laptop apa adanya, jangan diganggu atau digunakan, tunggu laptop sampai mati karena baterai habis total, kira-kira waktunya 30-60 menit. Sistem windows akan mereset ulang dan mengetahui waktu tahan baterai
  • Setelah laptop mati, cas kembali dan hidupkan laptop, insya Allah tanda silang pada baterai sudah hilang dan tampilan baterai kembali normal

Teknik Cara menghilangkan tanda silang pada baterai laptop windows 7 di atas pada dasarnya adalah suatu cara untuk mengkalibrasi kapasitas baterai laptop Anda. Dengan menjalankan laptop mulai dari kondisi awal baterai penuh (kapasitas 100%) sampai benar-benar habis (kapasitas 0%), maka Windows 7 jadi “tahu” kapasitas sebenarnya (real capacity) dari baterai laptop, dan secara otomatis men-setting ulang parameter-parameter yang berkaitan dengan baterai laptop tersebut.

Cara ini sudah dicoba ke 2 laptop berbeda, yaitu HP dan Acer, dan terbukti keduanya berhasil dengan sukses. Jadi, Anda sekarang tidak perlu bingung lagi apabila mendapat notifikasi “consider replacing your battery” di laptop Anda.

Catatan

Berdasarkan penjelasan engineer Windows 7 dalam salah satu rilis resmi di website Microsoft, dijelaskan bahwa sebenarnya notifikasi ini awalnya diniatkan untuk menjadi salah satu fitur andalan di Windows 7 (hal ini tidak ada di Windows XP ataupun Windows Vista), yang tujuannya adalah untuk memberi tahu pengguna bahwa baterai laptopnya sudah aus dan karenanya sudah waktunya diganti.

Namun pada kenyataannya, banyak pengguna Windows 7 yang merasa terganggu dengan munculnya notifikasi ini. Sebagian ada yang memperdebatkan bahwa batas (threshold) 40% dinilai terlalu besar mengingat pada kapasitas 30%-an dari kapasitas ideal pun baterai laptop umumnya masih sanggup bertahan sekitar 1 jam, dan ini dirasa masih cukup memadai bagi pengguna laptop. Selain itu harga baterai laptop yang lumayan mahal membuat banyak pengguna enggan mengganti baterai laptopnya kecuali kalau sudah benar-benar rusak.


Post related to Cara menghilangkan tanda silang pada baterai laptop windows 7

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.